Lompat ke isi utama

Berita

Hadapi Masa Tenang, Bawaslu Pamekasan Gelar Apel Siaga Bersama Panwascam dan PKD

apel bersama panwascam dan PKD pamekasan

pamekasan.bawaslu.go.id., Pamekasan - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pamekasan menggelar Apel Siaga Pengawas Pemilu 2024 se-Kabupaten Pamekasan  bertempat di Lapangan Nagara Bhakti Kompleks Mandhapa Aghung Ronggosukowati. Ketua Bawaslu Pamekasan, Sukma Umbara Tirta Firdaus, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk mempersiapkan pengawasan yang ketat selama masa tenang dan pada hari pencoblosan yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. (Sabtu,10/02/2024).

Sukma (sapaan akrabnya) menyatakan bahwa meskipun telah memasuki masa tenang Pemilu, namun bagi Bawaslu, ini adalah masa yang tidak tenang karena rawan terjadinya pelanggaran seperti money politics dan kampanye terselubung. "Kami harus ekstra waspada dan mengawasi dengan cermat agar proses pemilu berlangsung adil dan berkualitas," ujarnya.

Selain itu, Sukma juga mengajak semua pihak terkait, termasuk pengawas Pemilu, untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas pengawasan. "Kami sudah menekankan pentingnya pencegahan sebelum terjadinya pelanggaran. Mari awasi dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing," imbuhnya.

Masa tenang Pemilu 2024 berlangsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 11 hingga 13 Februari 2024. Selama periode ini, Bawaslu akan memantau secara ketat agar tidak ada pelanggaran yang terjadi.

Sementara itu, terkait dengan distribusi logistik Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan akan memulainya mulai tanggal 11 Februari ke masing-masing kecamatan, kemudian dilanjutkan hingga ke tingkat desa/kelurahan dan TPS pada tanggal 12 dan 13 Februari. Sukma menegaskan pentingnya pengawasan terhadap proses distribusi ini agar berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan.

Apel siaga ini dihadiri oleh sekitar 250 orang, terdiri atas seluruh panitia pengawas kecamatan (Panwascam), pengawas desa dan kelurahan, ketua partai politik, ketua tim kampanye pasangan calon, serta forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) se Kabupaten Pamekasan. Semua pihak diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga integritas dan kualitas pelaksanaan Pemilu 2024.