Lompat ke isi utama

Berita

Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada Tahun 2024: Imron Paparkan Dua Mekanisme

Moh Imron Anggota Bawaslu Kabupaten Pamekasan

Pamekasan, pamekasan.bawaslu.go.id,. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pamekasan telah memulai proses rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, dan Pelatihan Bawaslu Pamekasan, Moh. Imron, menjelaskan bahwa ada dua mekanisme dalam perekrutan Panwascam Pilkada tahun ini. Sabtu (27/4/2024).

Menurut Imron, proses pertama adalah melalui sistem existing, yaitu perekrutan berdasarkan evaluasi kinerja dan dokumen persyaratan Panwascam yang bertugas pada Pemilu 2024 lalu. Proses ini berlangsung mulai tanggal 23 hingga 27 April ini, dengan penetapan dan pengumuman Panwascam yang memenuhi syarat dijadwalkan pada tanggal 1 sampai 2 Mei mendatang.

"Jika ditemukan anggota Panwascam yang tidak memenuhi syarat, maka kami akan membuka rekrutmen baru," Imron menjelaskan.

Imron juga menegaskan bahwa penerimaan dan pemeriksaan dokumen persyaratan bagi pendaftar baru akan dimulai pada tanggal 5 hingga 7 Mei 2024.

"Proses rekrutmen ini dilakukan dengan teliti sesuai petunjuk teknis dari Bawaslu Republik Indonesia untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada berjalan dengan baik dan adil," Imron menambahkan.